Jumat, 27 Juli 2018

Beberapa Alat Pembuatan Cake

Kualitas alat/cetakan sangat menentukan hasil kue. Seperti cetakan dari keramik/porselen, cocok untuk membuat kue mangkuk karena lebih cepat menghantarkan panas dibandingkan cetakan dari plastik atau melamin. Untuk kue-kue yang dipanggang diatas bara api seperti pancake, serabi, kue lumpur, dan bapel sebaiknya menggunakan cetakan dari besi tempa atau kuningan yang tebal. Cetakan tipis dari aluminium akan menghasilkan kulit kue tebal, keras, gosong tetapi bagian dalam kue masih mentah. Selalu bersihkan dan keringkan cetakan dan alat masak setiap habis digunakan ( sebaiknya cetakan yang terbuat dari adonan tidak dibersihkan menggunakan sabun tapi siram dengan air saja dan di keringkan agar tidak lengket dan nempel ketika membuat kue lagi dengan menggunakan cetakan yang sama). Sisa adonan dan air yang tidak bersih akan membuat cetakan berkarat.

Berikut daftar alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat Cake

Mixer

Banyak diantara kita yang mungkin masih dihadapkan dalam kendala bagaimana memilih mixer, baik untuk usaha rumahan atau sekedar hobi dalam membuat baking. Sebelumnya kita harus ketahui apa itu mixer. Mixer merupakan mesin pengaduk tapi bukan untuk mengaduk semen ya,hehee. Dalam bahasa indonesia mixer adalah alat yang digunakan untuk mengaduk adonan sebelum menjadi kue atau roti. Mixer yang baik dan berkualitas bersifat multiguna yang artinya bisa digunakan untuk berbagai jenis dan macam adonan. Mesin mixer ini dapat dipakai untuk mengaduk berbagai jenis kue , roti , tepung, cake dan lain-lain.
Hasil gambar untuk mixer

Berikut sedikit tips bagi para pembaca dalam membeli mixer, diantaranya : 

Pastikan tujuan kita dalam membeli mixer apakah hanya untuk digunakakan sebagai hobi membuat  kue saja atau digunakan sebagai lahan untuk membuka usaha rumahan anda. 
Tentukan untuk adonan apa dan jenis mixer apa, karena mixer untuk adonan cake akan lain dengan mixer untuk roti.
Siapkan budget dan biaya untuk membeli mixer, karena mixer sendiri memiliki berbagai macam jenis dan ukuran dan pastinya semakin besar ukuran yang di gunakan semakin besar pula budget yang harus kita siapkan. 
Tentukan kapasitas mixer ini dapat kita lihat deangan adonan yang kita buat sehari-hari. 
Belilah agen dan supplier yang terpercaya dan  pastikan bergaransi dan spare partnya mudah ditemukan jika sewaktu-waktu mixer rusak.

Timbangan

Timbangan sendiri dapat diartikan sebagai alat yang dipakai untuk melakukan pengukuran massa suatu benda. Timbangan sendiri dapat dikelompokkan menjadi berbagai mcam jenis, tapi khusus untuk timbangan kue yang dipakai baisanya timbangan jenis manual dan digital. Menurut pengalaman saya timbangan digital lebih akurat dalam pengukurannya daripada timbangan manual.

Hasil gambar untuk timbangan cake digital


Loyang
      
      Pasti para penggemar dan pecinta kue sudah mengenal alata yang satu ini. Alat ini bernama loyang yang fungsinya untuk menyimpan atau membentuk suatu adonan kue sebelum dipanggang atau di kukus sehingga sesuai dengan ukuran dan bentuk yang kita inginkan. Saat ini banyak sekali macam-macam loyang yang diperjualbelikan dipasaran tergantung kebutuhan kue apa yang ingin kita buat. Di artikel selanjutnya saya akan bahas macam-macam loyang dan kegunaanya.
 Hasil gambar untuk loyang

Baskom

          Baskom adalah wadah yang biasanya digunakan untuk menguleni adonan yang akan kita olah agar adonan tercampur rata dan kalis.
Hasil gambar untuk baskom aluminium
Parutan keju

              Parutan keju berfungsi untuk menghaluskan/memarut keju agar halus sehingga bisa digunakan untuk taburan diatas kue atau isi agar lebih lembut. Biasaya terbuat dari bahan stainless steel yang anti karat.
Hasil gambar untuk parutan keju

Pengaduk

               Pengaduk dari ini biasanya disebut juga spatula biasanya digunakan untuk menguleni adonan yang keras dan juga kental agar lebih mudah mengaduknya seperti dodol, brownies dan yang lainnya.


Hasil gambar untuk spatula cake


 

Kocokan manual

                   Biasanya disebut juga kocokan telur karena kegunaannya untuk mengocok telur yang digunakan sebagai adonan dan kegunaanya bisa juga untuk mengocok adonan yang lembut dan cair.
Hasil gambar untuk kocokan kue

Oven.

                   Kita pasti sudah tahu dengan alat ini. Alat yang digunakan untuk memanggang kue/roti ini disebut juga dengan oven. Oven terdiri dari berbagai macam jenis yakni oven listrik, oven kompor dan juga microwave tergantung cara pemakaiannya.
Hasil gambar untuk oven listrik
Itu Hanya sebagian kecil saja dan masih banyak alat pembuatan cake lainnya, semoga memberikan gambaran dan Manfaat bagi pembaca



Tidak ada komentar:

Posting Komentar